Sabtu, 03 Oktober 2009

Tugas 4

"PERBANDINGAN SISTEM OPERASI"
WINDOWS vs LINUX

Kelompok 3 :
  1. Aninditia S. J2B009003
  2. Libriana N.L J2B009011

  • APAKAH SISTEM OPERASI ITU?

Untuk menjalankan program-program dan aplikasi yang terdapat di komputer diperlukan satu sistem operasi. Apa sih sebetulnya sistem operasi itu ? Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di komputer kamu, misalnya MS-OFFICE, Mungkin kamu sudah sering mendengar Sistem operasi yang ada saat ini. Coba sebutkan salah satunya ! Benar, ada yang namanya Sistem operasi Windows, UNIX/LINUX, DOS, OS/2. Tapi kali ini kita akan membahas perbandingan sistem operasi yaitu sistem operasi Windows dan Linux.


  • SEJARAH DAN PERKEMBANGAN OS WINDOWS

Sistem Operasi “Windows” dibuat oleh Microsoft Corporation yang terletak di Amerika dan dipimpin oleh Bill Gates . Mengapa Sistem Operasinya dinamakan “Windows” ? Mungkin karena yang pertama tampil di layar monitor ketika komputer dihidupkan adalah gambar seperti jendela-jendela kecil. Nah, sistem operasi windows ini mengalami beberapa perubahan-perubahan dan perbaikan. Dulu, akhir tahun 1980 (Awal tahun 1990 – 1994) terkenal sistem operasi Windows 3.0, Windows 3.1.1 dikenal dengan generasi Windows 3.X, kemudian mengalami perubahan-perubahan menjadi Windows 95 setelah itu Windows 98 (Windows 9.X), berubah lagi menjadi Windows 2000 kemudian Windows ME (Millenium Edition / Edisi Millenium). Windows ini merupakan seri up-grade (peningkatan kualitas) dari Windows 98. Dalam Windows ME telah dimasukkan software untuk memainkan musik digital dan video, pengaturan untuk jaringan di rumah serta kemudahan memperbaiki dari adanya kemungkinan kerusakan sistem. Selain itu ada juga yang namanya “Windows NT”, yaitu Sistem operasi yang dikhususkan untuk jaringan lokal.

Pada tanggal 25 Oktober 2001 Microsoft Corporation meluncurkan sebuah versi sistem operasi Windows baru, produk itu disebut Windows XP dan Office XP. Nama XP sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari kata Experience, yang artinya Windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi, atau setidaknya begitulah yang diharapkan oleh Microsoft. Windows XP sendiri berbasis pada Windows NT dan termasuk pada keluarga NT. Yang termasuk dalam keluarga NT adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, Windows2000&2003. Keluarga NT, terutama yang server, memiliki kemampuan yang baik untuk menjadi sebuah server.

Windows XP diketahui sebagai sebuah sistem operasi yang memiliki kestabilan yang telah ditingkatkan dari pendahulunya, dan juga memiliki efisiensi yang lebih baik daripada Windows 98, Windows ME, dan Windows 2000 Professional. Hal ini dikarenakan Windows XP menerapkan sebuah teknik manajemen software yang dapat menghindari apa yang disebut dengan “neraka DLL” atau “DLL HELL”. Selain itu, tampilan Windows XP pun dirombak, hingga menjadi lebih mudah untuk digunakan.


  • SEJARAH DAN PERKEMBANGAN OS LINUX

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang serupa dengan UNIX, dan merupakan implementasi independen dari sistem operasi POSIX, dengan ekstensi SYSV dan BSD sistem operasi UNIX, yang terutama berjalan di mesin ( baca: mikroprosesor ) keluarga Intel 80386 DX, atau yang lebih baru. Perkembangan berikutnya, Linux dapat berjalan di atas beberapa mesin lainnya seperti Sun Sparc, Mac, Power PC, DEC Alpha, dan PPC mk86.

Linux dahulu adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa Universitas Helsinki di Finlandia. Linus Torvalds memperoleh inspirasi dari Minix, suatu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.

Kesuksesannya dalam merintis proyek ini membuat Linux menjadi terkenal dan menjadi minat banyak orang, hingga selanjutnya Linux terus dikembangkan dengan petunjuk para pemrogram UNIX serta para hacker dunia lainnya. Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan ( networking ), pengembangan software, bahkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Berikut perkembangan awal versi Linux:

  • Versi pertama Linux 0.10 dipublikasikan pertama kali pada November 1991

  • Kemudian diterbitkan versi 0.11 pada Dsember 1991

  • Pada versi 0.13 Linux sudah lebih stsbil dan Linus memutuskan mengubah versinya menjadi versi 0.95

  • Kini Linux terus berkembang secara cepat karena source-code sistem operasi ini disebarluaskan dan boleh dimodifikai serta dikembangkan oleh siapa saja.


  • PERBANDINGAN OS WINDOWS DAN LINUX

KEUNGGULAN OS WINDOWS:
1. Instalasi Os-nya mudah, baik yang awal maupun yang instalasi ulang.
2. Instalasi driver dari hardware mudah karena memang sudah didukung oleh banyak vendor.
3. Operasionalnya sangat familier karena kita sudah lebih lama kenal.
4. Konfigurasi sistemnya mudah.
5. Support untuk lebih banyak hardware dan software.
6. Mudah mencari tukang servicenya karena banyak yang bisa.

KELEMAHAN OS WINDOWS:
1. Harga Os-nya sangat mahal, terutama untuk ukuran masyarakat kelas bawah.
2. Dilindungi oleh regulasi dan proteksi yang sangat ketat. Satu CD Installer hanya untuk 1 PC atau Laptop.
3. Untuk meningkatkan kualitas kinerja harus didukung spesifikasi Hardware yang tinggi. Misalnya untuk bisa menginstal Windows 7 dengan baik, spesifikasi minimum hardware yang diperlukan adalah, sbb:
a. Prosesor 32-bit atau 64-bit minimal 1 GHz .
b. Sistem Memori minimal 1 GB.
c. Free space pada harddisk minimal 16 GB.
d. Graphic Card Support DirectX 9. Minimal memori 128 MB, agar windows Aero berfungsi.
e. Memiliki DVD ROM untuk instalasinya.
4. Terlalu banyak varian virus, worm, adware/malware dan trojan yang siap setiap saat memanfaatkan kelemahan Windows.
5. Tidak bisa mengenali ‘File System’ selain FAT, FAT 32 dan NTFS. Sehingga data atau file

yang formatnya di luar ke tiga ‘file system’ di atas, OS Windows tidak bisa membaca atau mengaksesnya.

KEUNGGULAN OS LINUX:
1. Murah karena cuma mengganti ongkos ‘burning’ dan kirim.
2. Sekali Install : OS, Aplikasi Office, Aplikasi Musik & Video, Aplikasi paint, Aplikasi foto, musik & video editing, Aplikasi Kompres file, Browser, driver hardware, games, dll, sudah langsung terinstall. Sebagian besar instan, tinggal pakai saja.
3. Selain mengenali ‘file system’nya sendiri seperti root, ext, swap dll, juga bisa membaca ‘file system’ nya Windows. Sehingga semua data, misalnya: word, excel, power point, publisher yang dibuat Windows bisa diakses oleh Linux.
4. CD Installer bisa digandakan dan dibagikan bebas, kecuali program yang berlisensi harus dengan persyaratan tertentu yang lebih ringan.
5. Untuk meningkatkan kinerja setingkat Windows, software dan hardware tidak semahal Windows. Sebagai bandingannya untuk menginstal Mandriva 2009 yang dekstopnya lebih bagus dari Vista, cukup dibutuhkan spesifikasi hardware 1/2 dari yang dibutuhkan Vista.
6. Lebih stabil / tidak gampang “Crash System”.
7. Jarang diserang Virus.
8. Loadingnya enteng

KELEMAHAN OS LINUX:
1. Operasionalnya kurang familier, terutama bila harus menggunakan ‘Command Line”. Tetapi kalau sudah terbiasa pasti mudah.
2. Instalasi Hardware dan Software tambahan lebih sulit karena vendor yang menyediakan driver versi Linux tidak sebanyak di Windows. Tetapi kalian jangan pesimis. Banyak pakar Linux yang akan dengan sukarela membantu melalui situs web maupun blog mereka.

3. Dukungan tukang service tidak sebanyak Windows.
4. Kurangnya buku panduan dan guru-guru Linux.


Dengan demikian dapat disimpulkan perbandingan antara OS Windows dan Linux sbb:

No.

Pembanding

Windows

Linux

1.

Harga

Lebih mahal

Terjangkau

2.

Keamanan

Lebih rentan thd Spyware

Security lebih kuat

3.

Instalasi

Lebih mudah

Lebih sulit

4.

Komunitas

Lebih banyak

Terbatas

5.

Layanan Service

Lebih banyak

Tak sebanyak Windows

6.

Virus

Lebih mudah terserang virus

Tidak banyak virus

7.

Stabilitas

Mudah hang/crash system

Stabil

8.

Konfigurasi Sistem

Lebih mudah

Terbilang agak sulit

9.

Sistem File

Hanya bisa membaca FAT&NTFS

Bisa membaca semua jenis file

10.

Bahasa Pemrograman

Lebih mudah

Lebih rumit


  • FLUKTUASI PENGGUNA OS WINDOWS DAN LINUX DI INDONESIA

Dari tahun ke tahun jumlah pengguna PC maupun Notebook dan sejenisnya semakin meningkat tajam. Dan ternyata berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber, OS Windows tetap digemari oleh para pengguna gadget. Pengguna Windows 7 juga mengalami peningkatan setelah pihak Microsoft mengeluarkan public beta untuk Windows 7 yang akan menjadi OS utama mereka setelah Windows Vista, dan akan dirilis di akhir tahun 2009.

Windows 7 Beta tersedia mulai 10 Januari, penggunanya pada saat ini hanya sekitar 0.04% saja. Namun mulai banyak orang yang ingin mencobanya sehingga penggunanya pun melonjak menjadi 0.23% di akhir bulan Januari 2009. Windows 7 Beta semula direncanakan akan ditutup pada 31 Januari lalu, namun Microsoft memperpanjang masa waktunya agar lebih banyak orang yang men-download dan mencoba Windows 7 sampai 10 Februari 2009.

Namun secara keseluruhan, meskipun market share Windows terus menurun, mereka menempati posisi pertama dengan 88.26%, kedua adalah Apple Mac OS 9.93%, ketiga yaitu Linux dengan 0.83% di bulan Januari.

REFERENSI :


  1. Novriansyah, Nova. 2000, LINUX. Elex Media Komputindo:Jakarta


  1. Andi & Wahana Komputer Semarang. 2001. Mari Mengenal Linux. ANDI:Yogyakarta


  1. http://pandubudianto.blogspot.com/2009/06/perbandingan-operating-system-windows.html


  1. http://mandriva-user.or.id/forum/ dan http://mandriva-user.or.id/


  1. PCLinux.web.id

1 komentar: